Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Saudi Tambah Frekuensi KA Cepat Haramain Jadi 60 Kali Sepekan

Saudi Tambah Frekuensi KA Cepat Haramain Jadi 60 Kali Sepekan

Kereta api supercepat Haramain Express, rute Mekah-Madinah pp, Arab Saudi.

 

JEDDAH (ManasikNews) – Otoritas perkeretaapian Arab Saudi menambah frekuensi perjalanan kereta api super cepat, Haramain High Speed Railway (Haramain Express), yang melayani rute Mekah – Madinah menjadi 60 kali per pekan dari ssebelumnya 40 kali. Kebijakan ini untuk mengakomodasi kebutuhan angkutan oleh jamaah saat beribadah di Tanah Suci selama bulan Ramadhan 2019.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan Kereta Berkecepatan Tinggi Haramain, Rayaan Al-Harbi, mengatakan mengingat ekspektasi tingginya  arus penumpang selama Ramadhan tahun ini, akan ada perjalanan kereta cepat sepanjang pekan. Saat ini Haramain Express beroperasi lima hari dalam sepekan.

Mulai 13 Februari 2019, rute perjalanan Haramain Express rute Mekah – Madinah ditambah delapan kali. Kereta beroperasi setiap Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Seperti dikutip dari Saudi Gazette, untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah, telah dibangun sejumlah ruang komersial. Ada toko, restoran, dan kafe di stasiun kereta api.

Kereta cepat Haramain mulai diresmikan pengoperasiannya pada pertengahan tahun lalu oleh Raja Salman.

Haramain Express melalui jalur sepanjang 450 kilometer dengan kecepatan 300 kilometer per jam. Salah satu kota yang disinggahi pada rute kereta tersebut adalah Jeddah.

Para pejabat Arab Saudi berharap proyek kereta cepat senilai US$ 6,7 miliar atau sekitar Rp100 triliun ini akan dapat mengangkut 60 juta penumpang setiap tahun dan melonggarkan lalu lintas bagi para umat yang beribadah.

Stasiun kereta Mekah, yang berjarak 4 kilometer dari Masjidil Haram, diproyeksikan mampu menampung 20.000 penumpang per jam. “Perjalanan dengan Haramain kini lebih singkat dan mudah daripada sebelumnya. Proyek ini menandai komitmen kerajaan untuk melayani Islam dan umat Muslim,” kata Menteri Transportasi Arab Saudi, Nabil al-Amoudi.

Perjalanan bus dari Mekah ke Madinah dan sebaliknya umumnya menghabiskan waktu enam jam. Namun, dengan Haramain Express, perjalanan antara kedua kota suci ini dapat ditempuh hanya dua jam saja. (wan)

About admin

Check Also

381 Peserta Ikut Seleksi Petugas Haji Non-Kloter

  JAKARTA (ManasikNews) — Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *