Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Maskapai Indonesia Dilarang Operasikan Pesawat Boeing 737-8 MAX

Maskapai Indonesia Dilarang Operasikan Pesawat Boeing 737-8 MAX

Pesawat terbang jenis Boeing 737-8 MAX milik Ethiopian Airlines.

 

JAKARTA (ManasikNews) — Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan melarang maskapai di Tanah Air mengoperasikan pesawat terbang Boeing 737-8 MAX. Larangan ini berlaku untuk sementara waktu.

Kebijakan itu dikeluarkan menyusul jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737-8 MAX yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, kebijakan tersebut diambil untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia.

“Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Ditjen Hubud adalah melakukan inspeksi dengan cara melarang terbang sementara (temporary grounded) untuk memastikan kondisi pesawat jenis tersebut laik terbang (airworthy) dan langkah tersebut telah disetujui oleh Menteri Perhubungan,” kata Polana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Polana mengatakan, inspeksi akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2019. Apabila ditemukan masalah pada saat inspeksi, maka pesawat tersebut akan dilarang terbang sementara sampai dinyatakan selesai oleh inspektur penerbangan.

Sejauh ini, pengawasan untuk pengoperasian pesawat jenis Boeing 737-8 MAX sudah dilakukan sejak 30 Oktober 2018 pasca kecelakaan pesawat jenis ini milik Lion Air bernomor penerbangan JT610. Apabila terjadi masalah atau temuan hasil inspeksi pesawat langsung di-grounded di tempat.

Ditjen Hubud terus berkomunikasi dengan Federal Aviation Administration (FAA), untuk memberikan jaminan bahwa seluruh pesawat Boeing 737 – 8 MAX yang beroperasi di Indonesia laik terbang.

FAA telah menerbitkan Airworthiness Directive yang juga telah diadopsi oleh Ditjen Hubud dan telah diberlakukan kepada seluruh operator penerbangan Indonesia yang mengoperasikan Boeing 737-8 MAX.

Saat ini, maskapai di Indonesia yang terbanyak mengoperasikan pesawat Boeing 737-8 MAX adalah Lion Air (10 unit), sedangkan Garuda Indonesia hanya menerbangkan satu unit.

FAA menyampaikan akan terus berkomunikasi dengan Ditjen Hubud sekiranya diperlukan langkah lanjutan guna memastikan Boeing 737-8 MAX dalam kondisi laik terbang. (rls/wyn)

 

 

About admin

Check Also

381 Peserta Ikut Seleksi Petugas Haji Non-Kloter

  JAKARTA (ManasikNews) — Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *