Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Izin Dua PPIU Dicabut PT Bumi Minang Pertiwi dan PT Joe Pinta Wisata

Izin Dua PPIU Dicabut PT Bumi Minang Pertiwi dan PT Joe Pinta Wisata

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, M Arfi Hatim.

 

JAKARTA (ManasikNews) — Kementerian Agama RI mencabut izin dua penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), yaitu PT Bumi Minang Pertiwi dan PT Joe Pinta Wisata. Keduanya terbukti gagal memberangkatkan jamaah umrah.

Selain itu ada tiga PPIU yang terkena sanksi berupa peringatan tertulis. Yaitu PT Bahtera Nurani Pratama, PT Sutra Tour Hidayah, dan PT Mubina Fifa Mandiri.

Hal itu dinyatakan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, M Arfi Hatim, dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Menurut Arfi, sanksi disesuaikan dengan pelanggaran yang telah dilakukan PPIU. Sanksi pencabutan izin diberikan karena PPIU terbukti gagal memberangkatan jamaah. Jumlahnya variatif, namun totalnya lebih dari 2.000 jamaah sampai dengan surat keputusan sanksi ini diterbitkan.

“PT Bumi Minang Pertiwi dicabut izin karena gagal memberangkatkan lebih seribu jamaah umrah. Sedangkan PT  Joe Penta Wisata gagal memberangkatkan ratusan orang jamaah,” ujar dia.

Dia menegaskan, kendati dicabut izin penyelenggaraan umrahnya, PT Bumi Minang Pertiwi dan PT Joe Penta Wisata tetap berkewajiban menyelesaikan tanggungjawabnya kepada jamaah, baik mengembalikan uang atau memberangkatkan jamaah yang sudah mendaftar kepada PPIU lainnya.

Adapun tiga PPIU yang mendapat peringatan tertulis, karena melanggar ketentuan standar pelayanan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang telah ditetapkan perundang-undangan.

Ketiganya diminta untuk tidak mengulangi pelanggaraan, karena akan menimbulkan sanksi yang lebih besar, termasuk sanksi pembekuan alias pencabutan izin.

Sementara itu, beberapa PPIU yang sebelumnya didakwa melakukan penelantaran jamaah umrah di Tanah Suci, sanksi untuk mereka bakal diumumnya periode berikutnya.

Diberitakan sebelumnya, pada awal Januari 2019 sebanyak 25 orang jamaah umrah sempat tertahan beberapa hari di kota Jeddah lantaran pihak Bahira Travel tidak menyediakan tiket pulang ke Tanah Air. Bahira (non-PPIU) memberangkatkan jamaah bekerjasama dengan PPIU Yasmira dari Medan. (ManasikNews, 2 & 3 Januari 2019)

(wyn)

 

 

About admin

Check Also

381 Peserta Ikut Seleksi Petugas Haji Non-Kloter

  JAKARTA (ManasikNews) — Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *