Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Regulasi Umrah Diperkuat Karena Karakter Jamaah Bergerak Dinamis

Regulasi Umrah Diperkuat Karena Karakter Jamaah Bergerak Dinamis

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, M Arfi Hatim.

 

JAKARTA (ManasikNews) — Perubahan kebijakan serta pergeseran segmen dan karakter jamaah umrah kini sangat dinamis. Karenanya pemerintah harus mengambil langkah-langkah reformatif untuk menunjukkan kehadiran negara di tengah kepentingan jamaah umrah.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, M Arfi Hatim, saat penandatanganan perjanjian kerjasama pembentukan satgas pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah.

“Ada tujuh langkah reformasi yang telah diambil dalam penyelenggaraan ibadah umrah, yaitu berupa penguatan regulasi, penguatan lembaga, dan program lainnya,” kata Arfi di Jakarta, Selasa (7/5/2019), seperti dikutip laman resmi Kemenag RI.

Penguatan regulasi yang telah dilakukan oleh Kemenag, ungkap Arfi, berupa munculnya terbitnya Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2018. Dijelaskan bahwa telah dilakukan penguatan kelembagaan dengan pembentukan unit eselon II sejak tahun 2017. Selain itu dilakukan pula proses perizinan online dan sertifikasi.

“Perizinan online terintegrasi Kemenag dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) juga harus tersertifikasi sebagai Biro Perjalanan Wisata yang telah selesai bulan Maret 2019,” katanya.

Arfi menambahkan, nota kesepahaman dengan Komite Akreditasi Nasional juga dilakukan Kemenag untuk proses akreditasi PPIU, yang akan mulai tahun 2019. Selain itu disebutkan pula pembangunan sistem pendaftaran dan pengawasan yang terintegrasi sebagai pengembangan SIPATUH telah dirilis tahun 2018.

“Terakhir kami meresmikan Pos Pengawasan Terpadu umrah dan haji khusus di Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 3 Mei lalu diresmikan pos pengawasan umrah dan haji khusus di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Dalam proses pengawasan terpadu tersebut Kemenag melibatkan Angkasa Pura II, Polres Bandara, Imigrasi, dan stakeholder lainnya. (wyn).

 

About admin

Check Also

Umrah Digital Direalisasi Akhir 2019, Itupun Sebatas Prototipe

  JAKARTA (ManasikNews) – Penyelenggaraan perjalanan umrah nasional bakal memasuki babak baru dengan akan diterapkannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *