Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / 2.000 Petugas Rawat Kebersihan Masjidil Haram

2.000 Petugas Rawat Kebersihan Masjidil Haram

Sekelompok petugas membersihkan lantai areal sekeliling Kabah (mataf) Masjidil Haram.

 

MEKAH (ManasikNews) – Inilah sekumpulan makhluk Allah yang senantiasa merawat Masjidil Haram di Mekah agar senantiasa bersih dan wangi sepanjang bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Mereka adalah “pahlawan” kebersihan yang bekerja secara bergiliran, siang dan malam selama 24 jam.

Tim petugas kebersihan berjumlah sekitar 2.000 orang, yang bekerja sepanjang waktu dalam empat shift berbeda untuk menjaga Masjidil Haram agar tetap bersih.

Para pekerja terbagi dalam beberapa kelompok sesuai areal/wilayah masjid. Mereka siap membersihkan seluruh areal masjid suci ini dalam tempo 45 menit, dan menggosok lantai marmer putih di areal sekitar Kabah ( mataf) dalam waktu setengah jam.

Yang perlu dicatat, seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) baru-baru ini, selama proses pembersihan tidak mengganggu aktivitas para jamaah atau pengunjung Masjidil Haram.

Sebanyak 30 unit kendaraan listrik khusus, 67 unit mesin pembersih, dan 400 liter air dibutuhkan untuk membersihkan lantai halaman sekitar Kabah.

Sejumlah peziarah dan pengunjung memuji efisiensi layanan kebersihan Masjidil Haram. Mohammed Asif, dari Bangladesh, mengatakan dia sangat senang dengan layanan yang diberikan oleh para petugas kebersihan, dengan tingkat kebersihannya sangat tinggi.

Dia terkesan terhadap pola kerja yang terorganisasi rapi dan cepat, sehingga lantai-lantai Masjidil Haram tampak selalu bersih dan wangi. Itu berkat penggunaan aroma mawar dan oud dalam volume yang besar untuk memberikan aroma wangi yang menyegarkan bagi para tamu Allah. (wyn)

 

About admin

Check Also

Umrah Digital Direalisasi Akhir 2019, Itupun Sebatas Prototipe

  JAKARTA (ManasikNews) – Penyelenggaraan perjalanan umrah nasional bakal memasuki babak baru dengan akan diterapkannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *