Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Buka Puasa Akbar di Nabawi, Sampah Bersih Begitu Masuk Shalat Magrib  

Buka Puasa Akbar di Nabawi, Sampah Bersih Begitu Masuk Shalat Magrib  

 

MADINAH (ManasikNews) – Ratusan ribu umat Islam berbaur menikmati  buka puasa (iftar) bersama di Masjid Nabawi, Madinah, di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. Mereka terdiri atas jamaah umrah, pengunjung masjid, dan penduduk lokal.

Pengunjung Nabawi dari Arab Saudi dan seluruh dunia dijamu makanan berbuka puasa ketika tiba adzan shalat Magrib. Ini sebagai bagian dari layanan warga Madinah untuk menyatukan umat Islam dari banyak negara.

Jamaan Al-Asiri, direktur hubungan masyarakat Badan Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi, mengatakan, staf masjid telah bekerja keras mempersiapkan dan menyiapkan tempat makan dan membantu penyedia makanan.

Dia mengatakan selepas shalat Ashar, makanan dan minuman buka puasa dibawa ke masjid melalui pintu yang ditentukan. Seluruh makanan diawasi secara ketat oleh petugas khusus.

Makanan dan minuman kemudian diatur rapi di atas lembaran atau alas plastik, baik di dalam masjid maupun halaman masjid suci ini.

Beragam makanan khas berbuka puasa disajikan dalam kondisi segar. Fresh. Termasuk makanan panas, seperti nasi dan daging, selain buah, jus dalam botol, kurma, yogurt, kopi, dan air zamzam.

“Setelah umat Islam berbuka puasa dan sebelum shalat Maghrib diadakan, seluruh alas  plastik dibereskan dan sisa-sisa makanan dibersihkan dengan cepat dan teratur berkat kerja sama antara pekerja, penyelia, dan penyedia,” ujar dia.

Al-Asiri menambahkan, operasi pembersihan dilakukan setelah berbuka puasa rampung dan sebelum didirikan shalat Maghrib. Cara pembersihan tampak begitu terstruktur dan rapi.

Ragam suasana buka puasa di Masjid Nabawi, Madinah.

 

Buka puasa akbar sudah menjadi agenda rutin tahunan dua masjid suci di Arab Saudi, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Seluruh makanan dan minuman berasal dari hibah penduduk lokal, sebagai bentuk amalan mereka di bulan suci.

Sejauh ini tidak ada data pasti mengenai jumlah porsi atau satuan makanan/minuman yang tersedia setiap hari di Masjid Nabawi. Bisa jadi jumlah atau beratnya mencapai berton-ton.

Yang pasti, setiap bulan Ramadhan jamaah masjid Nabi ini membludak hingga ke sudut-sudut halaman masjid.

Masjid Nabawi disebut-sebut memiliki luas total 400 ribu meter persegi (m2) yang sanggup menampung hingga 1 juta jamaah.

Sejak tahun 2015 lalu dilakukan perluasan mencakup tiga sisi (utara, timur, dan barat). Perluasan terdiri dua fase, dan fase pertama di sisi utara sudah rampung dengan menyediakan tempat tambahan bagi 800 ribu jamaah.

Setelah proyek perluasan rampung seluruhnya, Masjid Nabawi yang dibangun pertama kali oleh Nabi Muhammad ini akan memiliki areal total seluas 1,1 juta m2 dan sanggup menampung hingga 1,6 juta jamaah dalam waktu bersamaan.  (ab/wyn)

About admin

Check Also

Naik 7%, Jumlah Jamaah Umrah Capai 6,1 Juta

Pakistan, Indonesia, India, dan Mesir berturut-turut menjadi negara pengirim terbesar jamaah umrah. JEDDAH (ManasikNews) — …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *