Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Saudia Airlines Tolak Angkut Jamaah Haji dari Bandara Kertajati Target Diundur ke Tahun 2020

Saudia Airlines Tolak Angkut Jamaah Haji dari Bandara Kertajati Target Diundur ke Tahun 2020

Kondisi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, yang sepi penerbangan dan penumpang.

 

BANDUNG (ManasikNews) – Maskapai Saudi Arabian Airlines (Saudia) menolak memberangkatkan jamaah calon haji asal Jawa Barat tahun 2019 melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Penyebabnya, tidak ada titik temu persoalan administrasi antara Saudia Airlines dengan Bandara Soekarno-Hatta Cengkerang, yang selama ini menjadi basis keberangkatan calon haji Jawa Barat menuju Tanah Suci.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan kepastian gagalnya rencana keberangkatan calon haji tahun 2019 dari Bandara Kertajati, saat ditemui wartawan usai rapat pimpinan di Gedung Sate, Bandung, Senin (10/6/2019).

Menurut Ridwan, informasi terkait diterima hanya berselang menjelang penentuan lokasi embarkasi haji asal Jawa Barat. “Dari pihak Saudia Airlines yang berkeberatan karena kerumitan administrasi yang sudah deal dengan Bandara Soekarno Hatta. Jadi masalahnya lebih ke situ,” paparnya.

Dia menegaskan, kepastian gagalnya keberangkatan calon haji dari Bandara Kertajati bukan masalah infrastruktur atau kesiapan embarkasi. “Kalau menyangkut infrastruktur, maskapai mau terbang kapan saja, (bandara Kertajati) sudah siap,” ujarnya.

Pemerintah sebelumnya memutuskan Bandara Kertajati mulai tahun ini akan digunakan sebagai bandara embarkasi pemberangkatan jamaah calon haji asal Jabar.

Setelah tahun ini gagal, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memundurkan target keberangkatan haji asal Jabar dari Bandara Kertajati dari tahun ini menjadi tahun depan (2020).

Sedangkan untuk penerbangan umrah, bandara yang kini kondisinya sepi penerbangan ini dapat memberangkatkan jamaah antara periode Agustus sampai September 2019.

Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan adanya kepastian penetapan terlebih dahulu dari Kementerian Agama RI. Penetapan ini diyakini bakal selesai bulan Juni ini.

Iwa menyebutkan, hasil rapat dengan Kemenag menyepakati, pembangunan embarkasi haji Jabar dipastikan berlokasi di Kabupaten Indramayu. Dasar pertimbangannya, Pemkab Indramayu telah menghibahkan lahan seluas 8 hektare berikut sertifikatnya.

“Atas dasar itu Kementerian Agama menetapkan embarkasi haji akan dibangun di Kabupaten Indramayu. Berada sekitar 40 kilometer dari Bandara Kertajati, atau dengan jarak tempuh sekitar 30 menit,” kata dia.  (mka/wyn)

 

About admin

Check Also

AMPHURI Luncurkan Aisyah, Digitalisasi Layanan Haji Khusus/ Umrah/Wisata Muslim

JAKARTA (ManasikNews) — Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) meluncurkan program Aisyah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *