Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / AMPHURI Luncurkan Aisyah, Digitalisasi Layanan Haji Khusus/ Umrah/Wisata Muslim

AMPHURI Luncurkan Aisyah, Digitalisasi Layanan Haji Khusus/ Umrah/Wisata Muslim

JAKARTA (ManasikNews) — Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) meluncurkan program Aisyah (Amphuri Information System Syariah), sebagai inovasi pelayanan bisnis perjalanan pada era industri 4.0.

AMPHURI dalam keterangan tertulis kepada ManasikNews, Kamis (13/6/2019), menyebutkan, program Aisyah ditujukan kepada pelaku bisnis perjalanan yang ingin melakukan digitalisasi pelayanan haji khusus, umrah dan wisata muslim melalui platform end-to-end yang transparan dan menguntungkan semua pihak.

Inilah program untuk meningkatkan pelayanan bisnis, karena menyediakan solusi digital yang mudah dalam transaksi penjualan dan pembelian paket haji khusus (VIP), umrah dan wisata muslim dari pelaku bisnis biro perjalanan di Indonesia.

Tahun 2019 (hingga 18 Ramadhan 1440H) tercatat ada 934.827 jamaah umrah asal Indonesia. Makanya wajar jika Indonesia menjadi pasar potensial ekonomi syariah, tak terkecuali di industri pariwisata khususnya sektor perjalanan haji khusus, umrah dan wisata muslim.

Menurut Ketua Umum DPP AMPHURI, Joko Asmoro, Aisyah hadir sebagai platform yang tidak hanya menyediakan daftar penawaran biro perjalanan haji khusus, umrah dan wisata muslim, namun menawarkan pula layanan pembayaran dan fitur pelengkap lainnya untuk memudahkan pengguna mencari produk sesuai keinginan.

Ketua Umum AMPHURI, H. Joko Asmoro.

 

Aisyah punya tiga fungsi. Pertama, sebagai connecting antar penyelenggara haji khusus, umrah dan wisata muslim (travel agent) anggota AMPHURI dan atau anggota Koperasi Amphuri Bangkit Melayani (Koperasi ABM) dalam melakukan kerjasama.

“Melalui Aisyah ini, diharapkan masing-masing travel agent mampu meningkatkan branding produk-produk yang ditawarkan,” kata Joko.

Fungsi kedua, Aisyah sebagai marketplace inventory bagi para mitra kerja penyedia layanan transportasi (perusahaan otobus), land arrangement (LA), hotel, catering, dan komponen lainnya, baik yang ada di Indonesia maupun Arab Saudi.

Mereka akan masuk sebagai inventory dari Aisyah marketplace dengan mendapatkan koneksi langsung terkait harga, baik secara otomatis maupun manual. Dengan begitu, Aisyah membantu penjual dan pembeli dalam menentukan barang/jasa yang dibutuhkan.

Terkait transaksi, Aisyah yang bernaung di bawah AMPHURI dan dioperatori Koperasi ABM ini menjadi clearing house. Di sini AMPHURI bertindak sebagai badan yang menyelenggarakan penyelesaian transaksi klien (kliring), sekaligus akan  bertanggung jawab atas pemrosesan pembayaran dari kliring. Sementara, Koperasi ABM akan menangani travel agent kecil yang sedang mencari pasar.

Aisyah juga menjadi marketplace bagi para pembeli yang sedang mencari paket-paket series, maupun paket sesuai permintaan (by request). Artinya, Aisyah menjalankan konsep Business to Costumer (B2C) dengan pasar yang ada di Indonesia, yang mana penjualnya adalah anggota AMPHURI baik yang berskala besar maupun kecil.

Melalui format marketplace, Aisyah tidak hanya memberikan detail lengkap seputar rincian akomodasi pada tiap paket perjalanan. Program ini juga menyediakan fungsi penilaian sekaligus penjaminan agar pembeli bisa memantau kembali harga produk perjalanan haji khusus, umrah dan wisata muslim, termasuk produk/jasa turunannya yang diminati, serta membandingkannya dengan penawaran lain di portal yang sama.

Transparansi Produk

Menurut Joko, Aisyah juga menyediakan fitur berdasarkan perilaku yang memang relevan bagi keinginan konsumen, terutama dalam hal transparansi produk. Biasanya konsumen baik itu agen travel maupun jamaah umrah melihat sendiri rincian (akomodasi) saja yang akan mereka dapatkan. Padahal, dengan digitalisasi sistem seperti sekarang, mereka bisa mengecek segala sesuatunya secara lebih mudah dan efisien.

Karena itu, program Aisyah menyiapkan berbagai fitur dengan harapan bisa menggaet pasar peminat perjalanan haji khusus, umrah dan wisata muslim, baik dari konsumen kasual, hingga kalangan yang baru selama ini awam akan teknologi digitalisasi.

Joko berharap kehadiran Aisyah, terlepas dari kemudahan yang ditawarkan, konsep digitalisasi sistem marketplace dapat bermanfaat bagi kalangan agen travel bersama para mitra mereka.

“Aisyah juga bekerja sama dengan mitra biro perjalanan guna memaksimalkan produk yang mereka tawarkan. Mulai dari menggabungkan paket melancong ke luar negeri, hingga kisaran harga yang sesuai untuk membidik target tertentu,” kata Joko.

Dia mengakui, platform marketplace perjalanan haji khusus, umrah dan wisata muslim melalui Aisyah bukan hal baru di Indonesia. Setidaknya sudah ada beberapa pihak yang menghadirkan layanan serupa. Hanya saja, Aisyah punya diferensiasi dari segi layanan sebagai marketplace sesuai syariah.

Aisyah juga menawarkan kemudahan akses dan sistem yang bisa dipantau langsung oleh user. Aisyah akan melakukan kurasi kepada travel agent yang menjadi mitra untuk kemudian disajikan ke para penggunanya.

Selain itu, Aisyah juga mengusung “5 Pasti” sebagai filter bagi setiap agen travel yang akan menjadi mitra. (wyn)

 

 

 

About admin

Check Also

Umrah Digital Direalisasi Akhir 2019, Itupun Sebatas Prototipe

  JAKARTA (ManasikNews) – Penyelenggaraan perjalanan umrah nasional bakal memasuki babak baru dengan akan diterapkannya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *