Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Jamaah Haji Khusus Tempati Hotel Bintang Lima, Satu Kamar Hanya Boleh Dihuni Empat Orang

Jamaah Haji Khusus Tempati Hotel Bintang Lima, Satu Kamar Hanya Boleh Dihuni Empat Orang

 

Inspeksi fasilitas hotel bintang lima di Madinah, hunian jamaah haji khusus yang disewa kalangan travel PIHK.

 

MADINAH (ManasikNews) — Jamaah haji khusus asal Indonesia sudah mulai berdatangan ke kota suci Madinah, Arab Saudi, dalam rangkaian perjalanan ibadah haji tahun 2019.

Jamaah haji khusus memperoleh pelayanan yang berbeda dengan jamaah haji reguler, salah satunya mereka menempati hotel bintang lima yang notabene memiliki fasilitas mewah. Di Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melakukan inspeksi ke hotel-hotel jamaah haji khusus.

Menurut Ali Machzumi, Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) PPIH Madinah, jamaah haji khusus telah meneken kontrak layanan yang akan mereka terima.

Jika layanan yang diterima tidak sesuai kontrak, perusahaan travel penyelenggara haji khusus bisa kena sanksi dari denda hingga pencabutan izin. Di antara standar minimal pelayanan jamaah haji khusus, yaitu satu kamar diisi maksimal 4 orang, jarak hotel tidak lebih 500 meter dari Masjidil Haram, hingga makan tiga kali sehari di hotel.

“Penerbangan maksimal satu kali transit, katering syaratnya full board, dan layanan kesehatan dengan dokter, yaitu setiap 90 jamaah dilayani oleh satu dokter” ujar Ali seperti dilaporkan TMCH yang dikutip laman resmi Kemenag RI, Kamis (25/7/2019).

Di Madinah, beberapa hotel bintang lima yang ditempati jamaah haji khusus, antara lain Frontel, Movenpicks, Hilton, dan Dallah Taibah. Dalam inspeksi tersebut Tim Media Center Haji berkesempatan mengunjungi Dallah Taibah.

Hotel bintang lima peraih banyak penghargaan ini lokasinya hanya sekitar 100 meter dari gerbang Masjid Nabawi. Ruang lobinya mewah, dengan resepsionis dan bell boy yang siaga 24 jam.

Pemeriksaan pertama, adalah tenaga medis. Salah satu travel penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang menyewa hotel itu menyertakan tiga orang dokter, salah satunya dokter kandungan, untuk melayani jamaah mereka.

Ketiga dokter bersiaga di lantai 1 hotel untuk memeriksa jamaah haji khusus. Mereka membawa sendiri peralatan medis dan obat-obatan yang telah didaftarkan di Arab Saudi.

Inspeksi berikutnya, adalah kamar. Tidak boleh ada satu kamar diisi lima orang untuk jamaah haji khusus. Dalam hal ini, tim inspeksi tidak menemukan pelanggaran. Kamar maksimal diisi empat orang, dan masih punya ruang yang cukup untuk meletakkan barang-barang.

Ada juga kamar diisi dua orang, suami-istri. Kamarnya memang kecil dengan dua bed yang dijadikan satu, tapi privasi lebih terjaga karena tidak campur dengan jamaah lain. Untuk kamar seperti ini, jamaah haji khusus harus membayar sewa yang relatif tinggi.

“Rate normalnya US$ 10.500, tapi karena ingin sekamar berdua istri, tambah US$ 1.000, jadi US$ 11.500,” kata Muhammad Arifin, jamaah haji khusus asal Pemalang, Jawa Tengah. Total, dia mengeluarkan uang US$ 23.000 atau lebih dari Rp 320 juta untuk ongkos perjalanan haji berdua bersama istrinya.

Menurut Ali, berdasarkan regulasi yang ada, ongkos minimal untuk haji khusus sebesar US$ 8.000 (sekitar Rp 110 juta) per orang. Adapun masa tunggunya 4 sampai 6 tahun.

Makanan untuk jamaah haji khusus adalah prasmanan yang diatur sesuai kelasnya. Berbeda dengan jamaah reguler yang mendapatkan makanan katering. Di hotel Dallah Taibah, makanan yang disajikan lengkap dan berlimpah, dari makanan utama hingga hidangan penutup.

Jamaah haji khusus mendapatkan makan tiga kali sehari di hotel sehingga mereka tidak perlu lagi repot membeli makanan ke luar hotel.

Kuota haji khusus tahun ini sebanyak 17.000 jamaah. Namun menurut Ali, kuota itu hanya terpenuhi sebanyak 16.960 jamaah. Mereka akan berada di Tanah Suci selama 27 hari, yaitu proses Arbain di Madinah selama 8 hari, sisanya prosesi haji di Mekah. (wyn)

About admin

Check Also

Dengan Aplikasi ‘Airport Maps’, Emirates Cegah Penumpang Tersesat di Bandara   

  DUBAI (ManasikNews) – Maskapai papan atas dunia asal Dubai UAE, Emirates, baru saja  meluncurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *