Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Saudi Tawarkan Kuota Haji RI Menjadi 250 Ribu RI Usul Renovasi Fasilitas Haji di Mina

Saudi Tawarkan Kuota Haji RI Menjadi 250 Ribu RI Usul Renovasi Fasilitas Haji di Mina

Gubernur Mekah Khalid bin Faisal Al-Saud saat memimpin rapat dewan pemerintahan Provinsi Mekah, Arab Saudi.

 

MEKAH (ManasikNews) – Pemerintah Arab Saudi melalui Gubernur Mekah Khalid bin Faisal Al-Saud merespons positif usulan Indonesia tentang renovasi fasilitas jamaah haji di Mina.

Bersamaan itu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi berjanji akan memperhatikan usulan Indonesia. Menurut Menteri Haji dan Umrah Mohammad bin Salih Banten, Pemerintah Arab Saudi benar-benar menaruh perhatian serius kepada Indonesia karena jumlah jamaah hajinya terbesar di dunia.

Bahkan, Kerajaan Arab Saudi juga menawarkan tambahan kuota haji Indonesia hingga mencapai 250 ribu dari saat ini 231 ribu orang, terdiri atas jamaah haji reguler dan haji khusus. Tambahan kuota baru akan direalisasikan setelah perbaikan dan penambahan ruang bagi jamaah haji di Mina.

Menyusul upaya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar Saudi mempercepat renovasi Mina, pada Senin (19/8/2019), Bidang Masyair Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengundang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk membahas rencana peningkatan kualitas manasik dan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, di Kantor Kementerian Haji & Umrah di Awaly, Mekah.

Menag mengusulkan penambahan daya tampung tenda-tenda dan toilet di Mina bagi jamaah Indonesia. Adapun usulannya, yaitu meningkatkan bangunan tenda dan toilet.

Merespons usulan Indonesia, Gubernur Mekah mengatakan, saat ini sudah dibentuk Lembaga atau Dewan Khusus Proyek Mina dan Arafah. Dewan ini diketuai langsung Putra Mahkota, Pangeran Muhammad bin Salman.

Ketua PPIH Arab Saudi, Endang Djumali, mewakili Misi Haji Indonesia usai pertemuan tersebut menyebutkan, Arab Saudi merencanakan pemugaran gunung di Mina yang berdekatan dengan Mina Jadid sehingga bisa digunakan untuk rombongan haji Indonesia.

“Saudi juga akan memberikan tempat yang biasa dipakai negara-negara Afrika agar secara khusus dapat digunakan jamaah haji Indonesia,” kata dia, seperti dikutip laman resmi Kemenag RI.

Kementerian Haji dan Umrah juga akan menggelar workshop bersama penyusunan fatwa manasik. Workshop dijadwalkan menghadirkan para Syeikh Saudi, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, serta pemangku kepentingan lain yang relevan dalam upaya peningkatan kualitas manasik haji.

“Rencana ini dimulai langsung setelah musim haji berakhir, yaitu bulan Oktober atau November,” kata Endang.  (wyn)

 

 

About admin

Check Also

Diskon Hingga 50% di Global Sales Promo Qatar Airways Periode Promo 9 - 15 September 2019

QATAR AIRWAYS, maskapai penerbangan terbaik dunia, memberikan potongan harga (diskon) tiket hingga 50% dari harga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *