Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Antrean Haji di Malaysia Sampai 121 Tahun

Antrean Haji di Malaysia Sampai 121 Tahun

Pertemuan Misi Haji Indonesia dan misi Malaysia di Mekah, baru-baru ini.

 

MEKAH (ManasikNews) – Antrean masa tunggu berangkat haji di Malaysia ternyata jauh lebih lama dari Indonesia, bahkan bisa empat kali masa tunggu pergi haji bagi penduduk Tanah Air.

“Masa tunggu haji di Malaysia 121 tahun,” ungkap Ketua Rombongan Tabung Haji Malaysia Dato’ Sri Syed Saleh Bin Syed Abdul Rahmad ketika menerima kunjungan Misi Haji Indonesia di Mekah, Senin (20/8/2019) malam, seperti dikutip laman resmi Kementerian Agama RI.

Lamanya antrean haji di negeri jiran itu hingga melebihi 100 tahun adalah fakta. Dato’ Syed Saleh menyebutkan, jumlah jamaah calon haji yang sudah mendaftar haji melalui Tabung Haji Malaysia sudah sebanyak 2,5 juta orang.

Sementara jatah kuota jamaah haji Malaysia dari pemerintah Arab Saudi sebanyak 30.000 orang per tahun. “Terkadang kita dimarah juga (sama calon jamaah) setelah tahun 121 tahun (antrean). Nanti nak tanggung di akherat siapa?” ujar Dato’ Syed Saleh.

Sistem pendaftaran haji reguler di Malaysia memang dikelola satu pintu oleh lembaga Tabung Haji Malaysia. Sebuah lembaga yang berada langsung di bawah Perdana Menteri.

Setiap jamaah yang akan berhaji membuka account dan mendaftar di Tabung Haji, serta menyerahkan uang muka pendaftaran 1.300 Ringgit. Setelah membayar uang muka, jamaah akan mengetahui kapan keberangkatannya.

Karena jumlah waktu tunggu berhaji di Malaysia sudah mencapai ratusan tahun, Tabung Haji Malaysia memberlakukan larangan bagi yang sudah pernah berhaji untuk mendaftar kembali haji melalui Tabung Haji.

“Dulu nunggu dulu 5 tahun (baru boleh berhaji lagi), sekarang sudah tak boleh lagi,” kata dia.

Untuk jamaah haji Malaysia yang berangkat tahun 2019 ini, Dato’ Syed Saleh mengatakan mereka sudah mendaftar 12 tahun sebelumnya, yaitu pada periode tahun 2007-2008. Setelah periode itu, pendaftaran haji melonjak hingga masa antreannya mencapai 121 tahun.

Kuota haji Malaysia tahun 2019 tercatat sebanyak 30.200 orang. Rinciannya, 80% dipakai untuk haji reguler, sedangkan 20% sisanya diserahkan kepada syarikat swasta untuk paket haji plus.

Adapun biaya haji Malaysia dikelola oleh Tabung Haji Malaysia, dan angkanya tidak naik sejak tahun 2009 atau telah memasuki tahun ke-11, yaitu sebesar 9.980 ringgit (sekitar US$ 2.400) untuk haji reguler. (wyn)

 

About admin

Check Also

Diskon Hingga 50% di Global Sales Promo Qatar Airways Periode Promo 9 - 15 September 2019

QATAR AIRWAYS, maskapai penerbangan terbaik dunia, memberikan potongan harga (diskon) tiket hingga 50% dari harga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *