Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Tiga Hari Jelang Kepulangan, Jamaah Haji Agar Tak Berlebihan Beraktivitas

Tiga Hari Jelang Kepulangan, Jamaah Haji Agar Tak Berlebihan Beraktivitas

Jamaah haji Indonesia bersiap pulang ke Tanah Air.

 

JEDDAH (ManasikNews) — Jamaah haji Indonesia diminta untuk tidak beraktivitas berlebihan selama tiga hari menjelang kepulangan ke Tanah Air. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat sebelum menempuh perjalanan panjang ke Indonesia.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, dr Karmidjono Pontjo, pasca kegiatan di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armuzna) para jamaah haji butuh waktu tiga hari untuk memulihkan tenaga (tubuh) dari kelelahan.

Karena itu, jamaah diminta untuk segera menyelesaikan tawaf wada jauh-jauh hari sebelum jadwal kepulangan ke Tanah Air. “Setelah tawaf wada sebaiknya aktivitas ibadah di sekitar hotel saja,” kata Karmidjono, Senin (26/8/2019), seperti dikutip laman resmi Kementerian Agama RI.

Dia mengungkapkan, masih ada jamaah haji yang kelelahan saat pulang. Bagi jamaah yang menderita penyakit diabetes, kondisi ini menyebabkan kadar gula darah naik. Akibatnya memicu terjadinya penyakit jantung.

Bagi jamaah haji pengidap penyakit kronis, terkadang juga lupa minum obat. Bagi mereka yang memiliki riwayat hipertensi, akan merasa sehat meski tekanan darahnya 190. “Tidak merasakan apa-apa, tiba-tiba stroke. Jadi, jamaah dengan penyakit kronis, jangan lupa minum obatnya,” ucap dia.

Berdasarkan data Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Bandara, hingga saat ini sudah ada 63 jemaah haji sakit yang mutasi antarkloter (tanazul), enam di antaranya belum berangkat karena kondisinya belum bagus.

“Sebanyak 14 jamaah haji dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Ada tambahan satu orang jamaah sakit, sudah masuk ke pesawat, tapi tak bisa diterbangkan,” katanya. (wyn)

 

About admin

Check Also

Diskon Hingga 50% di Global Sales Promo Qatar Airways Periode Promo 9 - 15 September 2019

QATAR AIRWAYS, maskapai penerbangan terbaik dunia, memberikan potongan harga (diskon) tiket hingga 50% dari harga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *