Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Tingkat Kepuasan Haji Tahun Depan Optimistis Naik

Tingkat Kepuasan Haji Tahun Depan Optimistis Naik

Rombongan terakhir jamaah haji Indonesia tahun 2019 meninggalkan Arab Saudi untuk kembali ke Tanah Air.

 

BANDUNG (ManasikNews) — Kementerian Agama optimistis indeks kepuasan haji tahun 2019 meningkat dengan pencapaian angka 85,30 dibandingkan musim haji 1439 Hijriah (2018) pada angka 85,23 berdasarkan survei Indeks Kepuasan Haji Nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Demikian diungkapkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali ketika membuka Evaluasi Layanan Akomodasi, Transportasi, dan Konsumsi di Arab Saudi 1440H/2019M, di Bandung, Jawa Barat, Senin (30/9/2019.

Optimisme tersebut didasarkan alasan, bahwa selama masa operasional haji 2019 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sering mendapatkan apresiasi. Bukan hanya datang dari jamaah, apresiasi juga datang dari DPR maupun DPD yang bertugas sebagai pengawas haji dan negara lain.

“Apresiasi terhadap penyelenggaraan haji Indonesia tidak hanya dilontarkan oleh pemerintah Arab Saudi, tapi juga dari Malaysia, Turki dan Somalia. Dan rata-rata menyampaikan bahwa penyelenggaraan haji Indonesia lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Nizar seperti dikutip laman resmi Kementerian Agama.

Fakta itu diharapkan jadi pemicu bagi Pemerintah Indonesia untuk terus memperbaiki pelayanan haji tahun mendatang. “Jangan lupa semboyan kita, syukuri haji dengan terus berinovasi,” ujarnya.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengungkapkan rasa syukurnya atas berakhirnya masa operasional haji di Arab Saudi pada 15 September lalu. “Alhamdulillah secara umum layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi di Arab Saudi dapat berjalan dengan baik dan lancar, walaupun pada tahun ini ada tambahan 10.000 jamaah,” katanya.

Berdasarkan catatan dia, sekurangnya ada empat inovasi haji 2019 yang mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, yaitu penempatan jamaah di Mekah berdasarkan zonasi, pengurusan bagasi oleh maktab wukala almuwahhad, penyediaan AC di Arafah, dan terakhir penerapan EYAB untuk kepulangan jamaah.

Sri Ilham menyampaikan, untuk menyusun strategi dan rencana perbaikan layanan transportasi, akomodasi dan konsumsi pada pelaksanaan haji 1441H/2020H, selama tiga hari ke depan akan dibedah prosesi layanan di tahun ini.

“Di sini yang hadir adalah para Kasubdit yang pada penyelenggaraan tahun ini juga bertindak sebagai Kepala Daerah Kerja, serta para Kabid yang bertugas sebagai Kepala Sektor. Hadir juga rekan-rekan dari Kementerian Perhubungan, Biro Pusat Statistik (BPS) hingga Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung,” tutur dia. (wyn)

About admin

Check Also

Ada Apa Dengan Penerbangan Umrah Garuda Indonesia?

  JAKARTA (ManasikNews) – Kinerja operasional penerbangan umrah maskapai Garuda Indonesia (PT Garuda Indonesia Tbk) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *