Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Indeks Kepuasan Haji Naik, Layanan Ibadah Peringkat Dua

Indeks Kepuasan Haji Naik, Layanan Ibadah Peringkat Dua

Jamaah haji tahun 2019 berada di bandara Arab Saudi menjelang kepulangan ke Tanah Air.

 

JAKARTA (ManasikNews) — Indeks Kepuasan Jamaah Haji (IKJH) tahun 1440 Hijriah (2019) versi Badan Pusat Statistik, kembali meningkat dengan kategori pencapaian sangat memuaskan.

“IKJH 2019 nilainya mencapai 85,91 atau meningkat 0,68 dibandingkan tahun 2018 dengan pencapaian indeks 85,23. Ini sebuah capaian yang patut diapresiasi,” ujar Kepala BPS Suhariyanto, di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Dia menjelaskan, survei yang dilakukan selama kurang lebih 2,5 bulan pelaksanaan operasional haji, melibatkan 14.400 jemaah haji reguler serta 326 jamaah haji khusus.

Survei rutin tahunan sejak 2010 ini bertujuan dua. Pertama, untuk mengukur indeks kepuasan jamaah haji. Kedua, untuk melihat saran dan masukan yang masuk dari para jamaah guna perbaikan layanan haji.

Dijelaskan, survei dilakukan terhadap tujuh jenis layanan, meliputi Petugas haji, Ibadah, Akomodasi, Katering, Transportasi, Kesehatan, dan Pelayanan lain.

Dirinci berdasarkan jenis pelayanan, peringkat indeks kepuasan tertinggi (pertama) diraih pelayanan transportasi bus shalawat, yaitu sebesar 88,05, disusul keringkat kedua pelayanan ibadah sebesar 87,77.

Selanjutnya berturut-turut, pelayanan katering non Armuzna 87,72; pelayanan petugas 87,66; pelayanan bus antar kota 87,35; pelayanan akomodasi hotel 87,21; pelayanan lain-lain 85,41; pelayanan katering di Armuzna 84,48; pelayanan transportasi bus Armuzna 80,37; dan pelayanan tenda di Armuzna 76,92.

Berdasarkan lokasi tempat pelayanan, Indeks kepuasan jemaah tertinggi terdapat pada pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 87,94, berikutnya secara berturut-turut pelayanan di Mekah 87,89; pelayanan di Madinah 86,44; dan pelayanan di Armuzna 82,57.

“Untuk hasil yg komprehensif, tim Survei Kepuasan Jamaah Haji BPS yang terdiri  enam orang, melakukan empat jenis pengumpulan data,” kata dia.

Penyebaran kuesioner dengan didistribusikan ke ketua regu, dan ada 12 jenis kuesioner, survei online khusus bagi jamaah haji khusus (tercatat terdapat 326 jamaah haji khusus berpartisipasi pada survei online yg dilakukan), wawancara langsung untuk mendalami hasil kuesioner, serta observasi atau pengamatan.  (wyn)

 

About admin

Check Also

Dengan Aplikasi ‘Airport Maps’, Emirates Cegah Penumpang Tersesat di Bandara   

  DUBAI (ManasikNews) – Maskapai papan atas dunia asal Dubai UAE, Emirates, baru saja  meluncurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *