Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Biaya Haji 2020 Tetap, Rata-Rata Rp 35,2 Juta

Biaya Haji 2020 Tetap, Rata-Rata Rp 35,2 Juta

Rapat kerja Menteri Agama dengan Komisi VIII DPR-RI di Jakarta, baru-baru ini.

 

JAKARTA (ManasikNews) – Biaya yang dibebankan kepada jamaah haji tahun 2020 besarannya tetap dengan tahun sebelumnya.

Biaya yang ditanggung oleh setiap jamaah haji atau dikenal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020, diusulkan rata-rata sebesar Rp 35.235,602.

Demikian penjelasan Menteri Agama Fachrul Razi pada rapat Kerja Menteri Agama dengan Komisi VIII DPR RI, di Jakarta, Kamis (28/11/2019), dengan agenda Pembicaraan Pendahuluan BPIH.

Menteri Agama mengungkapkan, besaran BPIH yang diusulkan oleh Pemerintah sama dengan tahun sebelumnya, kendati terdapat kenaikan komponen biaya perjalanan haji, yaitu kenaikan biaya penerbangan dan biaya visa.

Biaya kedua komponen yang dibebankan dalam BPIH, adalah biaya visa sebesar  300 Riyal (SAR) atau sekitar Rp 1.136.001. “Biaya ini baru dibebankan pada tahun 1441 Hijriah (2020),” ujar Menag.

Kendati begitu, Kemenag masih perlu berkonfirmasi ke pihak Arab Saudi. Andaikan biaya visa haji dapat dihapus, berarti BPIH tahun 2020 akan lebih murah dibandingkan tahun sebelumnya.

Mengenai layanan kepada jamaah haji, ada sejumlah inovasi yang akan dilakukan Kemenag untuk meningkatkan layanan haji bagi jamaah Indonesia. Mulai dari upaya pemberlakuan fast track di seluruh embarkasi, pemberian makan di Mekah yang semula 40 kali akan ditambah menjadi 50 kali, serta penerapan sistem sewa penginapan secara penuh semusim di Madinah.

Adapun untuk memaksimalkan penyerapan kuota, Pemerintah melalui Kemenag RI akan menambah jumlah kuota cadangan sebesar 10%.

Raker kali ini juga menyepakati pembentukan Panitia Kerja BPIH tahun 441 H (2020) serta secepatnya dapat memulai pembahasan mengenai asumsi dasar dan rincian komponen BPIH. (rez)

About admin

Check Also

Biaya Haji 2020 Akan Ditetapkan Awal Februari

  JAKARTA (ManasikNews) — Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 rencananya ditetapkan pada awal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *