Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Gedung Layanan Haji-Umrah Terpadu Cirebon Diresmikan

Gedung Layanan Haji-Umrah Terpadu Cirebon Diresmikan

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Nizar Ali, menandatangani prasasti peresmian Gedung PLHUT Kabupaten Cirebon, baru-baru ini.

 

CIREBON (ManasikNews) – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali, meresmikan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (31/12/2019).

Peresmian gedung PLHUT Cirebon ditandai dengan pemotongan pita dan diakhiri  penandatanganan prasasti oleh Dirjen PHU Nizar Ali. Dalam kesempatan itu Dirjen PHU didampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis.

Gedung yang dibangun dengan skema pembiayaan SBSN ini berlokasi di komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, dan merupakan gedung pusat layanan haji dan umrah kedua di Jawa Barat setelah Kabupaten Bekasi yang telah diresmikan sebelumnya.

Nizar mengatakan pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Ditjen PHU dalam rangka peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. “Perlu kami sampaikan bahwa pembangunan PLHUT ini merupakan salah satu inovasi Ditjen PHU selain inovasi-inovasi lainnya. Salah satu inovasi di dalam negeri adalah PLHUT, kalau inovasi di Arab Saudi adalah sistim Zonasi,” ucapnya, seperti dikutip laman Kemenag RI.

Kemenag sepanjang tahun 2019 telah membangun 16 Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di sembilan propinsi, yang mana dua diantaranya berada di Jawa Barat. Rencananya akan dilanjutkan dengan pembangunan 40 PLHUT pada 2020. Jawa Barat akan mendapatkan alokasi anggaran untuk membangun gedung PLHUT di tiga kabupaten,  yaitu Tasikmalaya, Subang dan Karawang.

“Tahun 2019 di seluruh Indonesia hanya ada 16 titik sebagai pilot project. Pada 2020, Insya Allah ada 40 titik di seluruh Indonesia, dan di Jawa Barat Insya Allah ada di tiga kabupaten, Tasikmalaya, Subang dan Karawang,” kata Nizar.

Dia berharap dengan semakin banyaknya PLHUT, pelayanan haji dan umrah menjadi semakin baik. Dicontohkan, dengan adanya PLHUT, waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendaftar haji menjadi lebih singkat, mengingat proses pembayaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang dilakukan melalui BPS BPIH dan penyerahan persyaratan administrasi ke Kemenag dilakukan di tempat yang sama.

“Dengan adanya PLHUT ini pelayanan haji dan umrah menjadi lebih baik. Pada tahun-tahun sebelumnya itu orang kalo mau daftar haji harus mondar-mandir dari bank setor, kemudian datang ke Kankemenag. Sekarang dengan adanya PLHUT langsung sehari jadi. Karena di dalam PLHUT sudah tersedia konter bank setoran BPIH, sehingga lebih praktis, termasuk layanan administrasi lainnya,” ujar dia.

Nizar juga mengapresiasi jajaran Kanwil Kemenag Jawa Barat dan Kemenag Kabupaten Cirebon karena telah berhasil mengawal pembangunan PLHUT ini selesai tepat waktu sehingga dapat segera digunakan untuk memberikan layanan haji dan umrah secara terpadu kepada masyarakat.  (wyn)

About admin

Check Also

Biaya Haji 2020 Akan Ditetapkan Awal Februari

  JAKARTA (ManasikNews) — Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 rencananya ditetapkan pada awal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *