Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Dunia Islam Sambut Hagia Sophia Gelar Shalat Jumat Perdana

Dunia Islam Sambut Hagia Sophia Gelar Shalat Jumat Perdana

Foto terkini ruang utama Masjid Hagia Sophia, Istanbul Turki, yang hari ini (24/07/2020) bakal digelar shalat Jumat perdana setelah “absen” 86 tahun sejak masjid dijadikan museum.

ISTANBUL (ManasikNews) — Dunia Islam gempita menyambut Masjid Hagia Sophia (Aya Sofia) di Istanbul, Turki, yang hari ini (24/07/2020) bakal menggelar shalat Jumat untuk kali pertama setelah 86 tahun masjid raya ini berstatus sebagai museum.

Dibutuhkan 14 hari bagi pengelola Masjid Hagia Sophia untuk menyiapkan shalat Jumat perdana bagi khalayak umum, hari ini sekitar pukul 13:20 waktu Istanbul (17:20 WIB). Shalat Jumat sudah siap digelar di dalam masjid kebanggaan warga muslim Turki ini.

Pelaksanaan shalat Jumat secara bersamaan pada upacara pembukaan di bagian dalam dan luar bangunan bersejarah itu diperkirakan diikuti 1.500 jamaah.

Presiden Recep Tayyib Erdogan mengundang para pemimpin negara-negara Islam untuk hadir mengikuti shalat Jumat perdana di Hagia Sophia.

Persiapan Masjid Hagia Sophia menggelar shalat Jumat perdana (24/07/2020) yang dihadiri Presiden Recep Tayyib Erdogan.

Keputusan Mahkamah Agung Turki dan pemerintahan dibawah Presiden Erdogan mengembalikan lagi Hagia Sophia sebagai masjid, disambut meriah rakyat Turki sekaligus membangkitkan antusiasme umat Islam di seluruh dunia.

Inilah shalat Jumat akbar yang akan membangkitkan memori pada peristiwa bertarikh 23 Maret 1453 saat Sultan Muhammad
Al Fatih bersama para sahabat dan pasukan jihad berhasil menaklukkan Kota Konstantinopel.

Roger Crowly dalam karya bukunya Detik-detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim menulis, hari itu adalah hari Jumat, hari yang mulia bagi umat Islam. Hari Jumat dengan sengaja dipilih untuk menambah kesakralan penyerangan ke Konstantinopel.

Sang Penakluk Sultan Muhammad Alfatih bersama ratusan ribu umat Islam tiba di depan benteng kokoh Konstantinopel, lalu melaksanakan shalat Jumat. Inilah shalat Jumat terbesar dan termegah sepanjang masa. Jamaah mengular hingga sepanjang 1,5 Km di depan benteng. (wyn)

About admin

Check Also

Pengurusan Izin Biro Umrah & Haji Khusus Terintegrasi di Kemenag-BKPM

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, M. Arfi Hatim. JAKARTA (ManasikNews) — Pengurusan izin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *