Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Inilah Sosok Bandara King Abdulaziz  Baru Jeddah Diresmikan Raja Salman 24 September 2019

Inilah Sosok Bandara King Abdulaziz  Baru Jeddah Diresmikan Raja Salman 24 September 2019

Area dalam Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) yang baru di Jeddah, Arab Saudi.

 

RAJA SALMAN dari Kerajaan Arab Saudi yang juga Penjaga Dua Masjid Suci dijadwalkan menghadiri peresmian terminal baru (Terminal 1) Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, dalam upacara yang diselenggarakan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Saudi (GACA), Selasa (24/9/2019).

Terminal 1 King Abdulaziz International Airport (KAIA) terhitung sejak 9 Agustus lalu sudah mulai dioperasikan maskapai Saudi Arabian Airlines (Saudia) untuk penerbangan internasional ke Abu Dhabi, Bahrain, dan Muscat, sehingga mencakup total menjadi 24 tujuan. Dari jumlah itu sebanyak tiga tujuan internasional dan 21 domestik.

Adapun 21 penerbangan domestik, yaitu tujuan Qurayyat, AlUla, Ar’ar, Baha, Dawadmi, Tabuk, Al-Ahsa, Al-Wajh, Turaif, Qaissoumah, Yanbu, Sharourah, Taif, Bisha, Rafha, Al-Jouf, Wadi Al-Dawasir, Salam, Najran , Jazan, serta Abha.

Berdasarkan sebuah laporan media Saudi, Senin (23/9/2019), dibeberkan, hampir dua bulan melayani seluruh penerbangan, jumlah penumpang udara melalui Terminal 1 KAIA diperkirakan mencapai 147.184 orang dalam 1.158 kali penerbangan mingguan.

Proyek Terminal 1 KAIA mencakup sebuah hotel tiga lantai dengan 120 kamar, 81 tempat ibadah (shalat), sistem canggih untuk menangani barang bawaan penumpang dengan total panjang sabuk konveyor mencapai 34 kilometer (Km), serta area hijau seluas 1,8 hektare di dalam terminal.

Desain bandara baru Jeddah ini terinspirasi dari lingkungan alam Kerajaan Arab Saudi dan sejarah kota pesisir Jeddah.

Total area kompleks Terminal 1 atau bandara KAIA baru seluas  105 Km persegi. Fase pertama proyek bandara baru ini terdiri atas utilitas vital dan mega anjungan penumpang.

Areal terminal memiliki luas total 810 ribu meter persegi yang akan mengakomodasi semua maskapai penerbangan untuk bekerja di bawah satu atap. Seluas total 27.987 meter persegi di dalam kompleks terminal akan dialokasikan untuk area komersial.

Jumlah konter layanan total 220, selain itu terdapat 80 unit mesin swalayan bagi para penumpang.

 

Bandara baru KAIA memiliki total 46 gerbang untuk penerbangan internasional dan domestik. Di antaranya ada beberapa gerbang yang dapat menampung pesawat superjumbo seperti Airbus 380, selain itu 94 apron untuk melayani pesawat berbagai ukuran dengan lajur ramp ganda per gerbang.

Ada lima terminal untuk penumpang kelas satu dan bisnis, dua terminal untuk penumpang yang berangkat dengan penerbangan internasional, dan dua terminal untuk penumpang yang bepergian dengan penerbangan domestik. Adapun terminal kelima untuk penumpang transit yang melanjutkan perjalanan dengan penerbangan internasional dan domestik.

Bandara KAIA baru dilengkapi menara kontrol setinggi 136 meter, salah satu yang tertinggi di dunia. Sementara, sebuah masjid yang dapat menampung 3.000 jamaah, dengan halaman luar yang dapat dipakai untuk shalat.

Selain itu, megaproyek bandara baru Jeddah memiliki sistem penanganan bagasi canggih dengan ban berjalan total sepanjang 34,6 km. Bandara didukung sistem keamanan multilevel terbaru. Di bandara ini ada akuarium ikan dengan panjang 5,13 meter dan lebar 10 meter.

Sebagai bandara moderen, KAIA baru punya stasiun kereta api yang terhubung dengan kereta cepat Haramain High Speed ​​Rail (rute Mekah – Jeddah – Madinah).

Adapun tempat parkir jangka pendek (tidak menginap) tersedia 4 lantai yang dapat menampung 8.200 mobil. Tempat parkir umum akan dilengkapi dengan perangkat elektronik yang memungkinkan pemilik mobil dapat melacak mobilnya dengan mudah.

Selain itu, ada tempat parkir menginap yang dapat menampung 4.356 kendaraan. Ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk bus dan dapat menampung 48 bus dan bagian kedua dialokasikan untuk taksi dengan daya tampung 651 kendaraan, terpisah dari 1.222 kendaraan untuk perusahaan persewaan mobil. Ada tempat parkir khusus karyawan dan pekerja bandara, dengan daya tampung 7.187 mobil.

Proyek bandara memiliki dua pusat informasi lengkap yang dihubungkan dengan kabel serat optik dan jaringan jalan sepanjang 36,5 km dengan beberapa terowongan dan jembatan.

Pasar penerbangan sipil Arab Saudi mengalami pertumbuhan yang pesat. Berdasarkan data, tahun 2018 jumlah penumpang udara di seluruh bandara Saudi mencapai kurang lebih 98 juta, meningkat 7,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu pula, jumlah penerbangan pada 2018 naik 3,4% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 773.000 penerbangan.  (wyn)

 

About admin

Check Also

Habib Kribo : Haji Cuma Buang Duit

  PRIA  yang akrab dipanggil Habib Kribo ini melontarkan kritikan terhadap fenomena umat Islam yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *