Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Jamaah Haji Jabar Masih Tempati Asrama Bekasi, Tapi Terbang ke Saudi Via Bandara Kertajati

Jamaah Haji Jabar Masih Tempati Asrama Bekasi, Tapi Terbang ke Saudi Via Bandara Kertajati

Dirjen PHU Nizar Ali (ketiga kanan) menerima kunjungan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, baru-baru ini.

JAKARTA (ManasikNews) —  Sembari menunggu rampungnya pembangunan asrama haji Jawa Barat yang berlokasi di Lohbener, Kabupaten Indramayu, jamaah calon haji asal Provinsi Jawa Barat tahun 2020 masih akan ditempatkan di Asrama Haji Bekasi. Selanjutnya calhaj akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Kerjatajati, Majalengka, dari sebelumnya via Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali, mengungkapkan, saat ini asrama haji Indramayu masih dalam proses pembangunan, sehingga untuk tahun 2020, jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat seluruhnya masih akan diberangkatkan dari asrama haji Bekasi untuk selanjutnya diterbangkan melalui bandara Kertajati.

Manurut dia, perubahan pemberangkatan ke Tanah Suci dari asrama haji Bekasi ke Kertajati diakui tidak menjadi kendala, karena waktu yang ditempuh dari asrama haji Bekasi ke bandara Kertajati relatif singkat.

“Pak Menteri Agama telah melakukan uji coba, menggunakan bus pada jam sibuk, dari asrama haji Bekasi ke bandara Kertajati hanya memakan waktu 1 jam 50 menit,” ujar Nizar ketika menerima kunjungan kerja anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, DI Jakarta, Selasa (28/01/2020), seperti dikutip laman resmi Kemenag.

Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, H. Achmad Ru’yat, dengan diikuti 22 orang anggota. Kedatangan rombongan ini dimaksudkan untuk membahas pembangunan asrama haji Indramayu.

Nizar menyebutkan pembangunan asrama haji di Kabupaten Indramayu seiring dengan kesiapan bandara Kertajati, Majalengka, yang telah ditetapkan menjadi embarkasi pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020.

Dia menjelaskan latar belakang dipilihnya kabupaten Indramayu menjadi lokasi dibangunnya asrama haji. “Awalnya Bupati Majalengka menawarkan tanah untuk dibangun asrama haji di kabupatennya. Dengan syarat Ditjen PHU membeli tanah tersebut terlebih dahulu. Karena tidak tersedianya anggaran untuk pengadaan tanah, maka hal tersebut urung dilakukan,” katanya.

Namun, justru yang cepat merespons adalah pemerintah Kabupaten Indramayu. Seluruh jajaran, mulai Bupati, Ketua DPRD, Kepala Dinas beserta jajarannya langsung melakukan audiensi dengan kami berharap asrama haji dapat dibangun di Indramayu,” ujanya.

Untuk dapat dibangun asrama haji, persyaratan yang utama adalah ketersediaan lahan atas nama Kementerian Agama. Dan hal inilah yang disanggupi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dengan melakukan hibah tanah seluas kurang lebih 11 hektar kepada Kementerian Agama, sehingga asrama haji dapat dibangun di Kabupaten Indramayu.

Evaluasi singkat berkenaan dengan sarana prasarana bandara Kertajati, diharapkan segera dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi bersama DPRD Jawa Barat.  (wyn)

About admin

Check Also

Animo Tinggi, Pendaftar Aplikasi Umrah Capai Hampir 2 Juta

  MEKAH (ManasikNews) — Animo umat Islam untuk menunaikan ibadah umrah di masa pandemi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *