Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / PANDUAN / Cermat Memilih Travel Umrah

Cermat Memilih Travel Umrah

DATANG untuk kali pertama ke ajang pameran besar perjalanan umrah-haji di Jakarta Convention Center (JCC), beberapa waktu lalu, sepasang pasutri muslim tampak dibuat terkesima dengan beragam produk perjalanan umrah yang ditawarkan banyak travel peserta ekspo. Boro-boro dapat menemukan produk umrah pilihan sesuai dengan bujet dana yang tersedia, yang ada mereka berdua justru bingung. Dengan segepok brosur di tas tenteng, mereka meninggalkan arena pameran masih dengan raut kebingungan.

Seluruh travel umrah-haji peserta ekspo umumnya mengklaim punya keunggulan dalam melayani jamaah, baik sebelum dan selama jamaah berada di Tanah Suci, juga saat kepulangan ke Tanah Air.

Soal besaran harga paket umrah, tentu itu relatif, tergantung lama perjalanan dan fasilitas pendukung. Harga paket umrah juga umumnya berbeda antara travel belum dikenal dan travel umrah penyandang nama besar.

Bingung tapi beruntung. Setidaknya dari acara window shopping di pameran, pasutri yang berencana pergi umrah perdana itu punya gambaran atau referensi mengenai paket umrah yang hendak dipilih. Selanjutnya mereka tinggal menelpon dan mendatangi kantor travel umrah pilihan untuk membereskan urusan administrasi dan pembayaran.

Siapa pun Anda, apapun profesi, dan bagaimana pun situasinya, Anda tentu saja perlu cermat dalam memilih travel umrah atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) ketika merencanakan kunjungan ke Baitullah. Mencari referensi dengan mendatangi pameran atau berselancar di jagat maya kiranya perlu, bertanya kepada sahabat dan kerabat yang sudah berpengalaman pergi umrah itu harus. Pun, mengorek sosok travel pilihan dengan mendatangi langsung kantornya. Semua itu demi memperoleh jasa PPIU yang aman dan dipercaya.

Makanya, jangan pernah sekali pun berspekulasi dengan memilih travel umrah yang menggumbar janji-janji, memberi harga “murah”, tapi ternyata tak jelas status dan legalitasnya. Mari cermati hal-hal berikut ketika memilih PPIU yang terpercaya.

1. Legalitas Travel dan Izin Masih Jalan

Pilihlah travel umrah yang terdaftar resmi di Kementerian Agama RI dan menjadi anggota asosiasi penyelenggara haji-umrah. Pastikan legalitasnya, yaitu izin travel sebagai penyelenggara umrah masih berlaku dan tidak kedaluwarsa. Daftar travel umrah resmi dapat dilihat di website kemenag.go.id. Teliti lagi dengan seksama, apakah masa izin sebagai penyelenggara umrah masih valid. Bahkan, untuk memastikan keberadaan suatu travel umrah, silakan datangi langsung kantor pusatnya atau kantor perwakilan di daerah. Bagi jamaah berdomisili di daerah, kantor Kemenag di beberapa daerah mengeluarkan surat rekomendasi atas travel berizin resmi dan dapat dipercaya dalam melayani jamaah.

2. Tidak Mudah Tergoda

Jangan mudah tergoda dengan tawaran paket umrah harga murah, bahkan program umrah tanpa bayar alias gratis. Yang ada, harga suatu paket umrah selalu sepadan dengan fasilitas yang tersedia bagi jamaah. Jika memang ada paket harga murah atau harga promo, silakan cari tahu dan pelajari faktor-faktor penyebab harga menjadi murah. Apakah harga umrah murah itu masuk akal dibandingkan biaya seluruh komponen pendukung umrah, seperti tiket pesawat, hotel, handling bandara, carter bus, dan katering. Jangan-jangan harga murah itu lantaran ada subsidi dari pihak travel, atau ada pengurangan mutu atas komponen-komponen biaya umrah. Lebih baik berlama-lama memutuskan travel pilihan, ketimbang terburu-buru mendapatkan travel umrah yang akhirnya tidak pas di hati.

3. Rekam Jejak Travel

Mencari tahu rekam jejak atau track record suatu travel umrah. Cara terbaik, dengan bertanya kepada sahabat atau kerabat yang sudah pernah memakai jasa travel dimaksud. Bagaimana mutu pelayanan, fasilitas, dan maskapai yang dipakai travel. Apakah semua sesuai dengan yang awal dijanjikan.

Kenali pula rekam jejak suatu travel penyelenggara umrah dari usia travel, jumlah jamaah, dan jalinan kerjasama. Bagi travel yang sudah berumur (lama berdiri), umumnya mereka berpengalaman menangani perjalanan ibadah umrah. Adapun kinerja suatu travel dapat dikenali dari jumlah jamaah yang sudah diberangkatkan. Dengan memiliki jadwal keberangkatan jamaah yang padat (sering), travel yang bersangkutan punya kredibilitas yang baik. Termasuk sinergi yang baik dengan para mitra, seperti provider visa, maskapai penerbangan, muassasah di Arab Saudi, perusahaan handling bandara, konsulat RI, dan lainnya. Andai terjadi sesuatu yang tak dikehendaki, travel umrah sudah berpengalaman dan siap mengatasinya.

4. Perbandingan Fasilitas Antartravel

Membandingkan fasilitas yang ditawarkan travel umrah tak ada salahnya, bahkan diperlukan. Perbandingan antartravel bisa tiga-lima travel, dengan harga paket umrah yang “sekelas” di antara mereka. Bandingkan rincian fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan. Faktor-faktor yang perlu dibandingkan, mencakup materi bimbingan/tata cara ibadah (manasik), pengalaman tour leader, kualitas muthawif, pengurusan visa, jenis penerbangan (langsung atau transit), akomodasi hotel, menu katering, jarak hotel dengan masjid, transportasi lokal, fasilitas asuransi, frekuensi pelaksanaan umrah (sekali atau lebih sekali), serta acara ziarah/city tour.
5. Rekening Tunggal Travel, Bukan Perwakilan

Semua transaksi pembayaran paket umrah ke travel, dilakukan secara resmi (formal) melalui sistem transaksi perbankan (transfer dana/debit rekening) ke rekening atas nama travel yang bersangkutan. Jika ingin setor tunai (cash), lakukan secara langsung ke kasir perusahaan travel, dengan mendapatkan bukti kwitansi pelunasan yang disertai cap/stempel travel. Hindari pembayaran atau setor dana ke rekening atas nama pribadi, kendati pribadi yang bersangkutan adalah pemilik atau penangungjawab travel.

(wyn)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *