Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / HALAL TRIP / Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan Mesir Berharap Temuan Baru Arkeologi Gairahkan Lagi Pariwisata

Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan Mesir Berharap Temuan Baru Arkeologi Gairahkan Lagi Pariwisata

Temuan baru mumi berusia lebih 3.000 tahun di kompleks pekuburan Saqqara di dekat kota Kairo, Mesir.

 

PARA ARKEOLOG Mesir, pada hari Minggu (25/01/2021), membeberkan temuan baru warisan kuno yang berhasil digali di kompleks situs arkeologi Saqqara, dekat kota Kairo, termasuk sarkofagus berusia lebih dari 3.000 tahun.

Saqqara adalah kompleks pekuburan luas di Ibu Kota Mesir kuno, Memphis, Situs Warisan Dunia UNESCO yang menampung lebih dari selusin piramida, biara kuno, dan situs pemakaman hewan.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Zahi Hawass, ahli kepurbakalaan terkenal Mesir, membuat penemuan di dekat piramida Raja Teti, firaun pertama dari Dinasti Keenam Kerajaan Lama. Temuan ini mereka menyebutnya, “menulis ulang sejarah Saqqara.”

“Ada lebih dari 50 sarkofagus kayu yang berasal dari Kerajaan Baru (abad ke-16 SM hingga abad ke-11 SM) ditemukan di poros pemakaman,” ungkap Hawass kepada AFP, Minggu (25/01/2021).

Penemuan yang disebut sebagai “menulis ulang sejarah” Saqqara dan lebih khusus lagi sejarah Kerajaan Baru, yang dimulai 3.000 tahun lalu. Hawass mengatakan timnya telah menemukan total 22 poros, termasuk satu poros berisi mumi tentara, dengan kapak perang terletak di sampingnya.

 

Sebuah sarkofagus batu juga ditemukan, serta sebuah papirus sepanjang sekitar lima meter yang berisi bab ke-17 dari Kitab Orang Mati, juga  topeng, perahu kayu, dan permainan yang biasa dimainkan oleh orang Mesir kuno. “Ini adalah penemuan langka dan baru karena sebagian besar artefak berasal dari Kerajaan Baru, sedangkan di Saqqara biasanya berusia lebih sekitar 500 SM,” ujarnya.

Sejumlah objek ditampilkan kepada media pada hari Minggu, sementara penggalian situs masih terus berlangsung. Sekitar 70% (wilayah baru) masih dieksplorasi.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir  sebelumnya  mengumumkan adanya penemuan besar di Saqqara, dari proses penggalian yang sudah berlangsung masif dalam beberapa tahun terakhir. Kementerian mengatakan tim  juga telah menemukan kuil penguburan Ratu Nearit, istri Raja Teti.

Situs Saqqara dikenal sebagai rumah bagi piramida bertingkat Djoser, salah satu yang paling awal dibangun di era Mesir kuno. Akhir tahun 2020, dan setelah beberapa penundaan, pihak berwenang berharap dapat meresmikan museum baru – Museum Agung Mesir – di dataran tinggi Giza, kompleks piramida Giza yang terkenal.

Pemerintah Mesir berharap penemuan baru arkeologi ini akan memacu industri pariwisata negara itu, yang belakangan mengalami guncangan hebat, sejak terimbas peristiwa kudeta tahun 2011 hingga datangnya pandemi Covid-19. (wyn)

 

 

About admin

Check Also

Berakhir di Bali 14 Juli, Fame Trip Halal Inbound AMPHURI Berjalan Sukses

Rombongan program Fame Trip Halal Inbound AMPHURI tahun 2020 berdialog dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *