Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / PANDUAN / Perilaku Wisatawan Yang Baik Versi PBB

Perilaku Wisatawan Yang Baik Versi PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui United Nations World Tourism Organization’s (UNWTO) baru-baru ini mengeluarkan buku petunjuk kepariwisataan. Handbook manual ini bagian dari program membangun kesadaran publik global bagaimana menjadi turis yang bertanggung jawab.

Grup wisatawan dari Indonesia di mesqueta Cordoba, Spanyol. FOTO: wiyono/ManasikNews.

 

BAGI Anda yang doyan traveling ke berbagai negara, pun para praktisi sektor kepariwisataan, beberapa tips dari UNWTO berikut kiranya layak diadopsi, sebagai bekal ekstra guna menjadikan diri Anda sebagai duta bagi masa depan yang lebih baik.

Coba simak sebagian tips tersebut. Selalu bertanya sebelum mengambil foto orang lain untuk menghormati privasi mereka. Hindarkan diri Anda, untuk tidak memberi uang kepada anak-anak pengemis jalanan. Belajarlah untuk berbicara beberapa kata saja dalam bahasa lokal. Pastikan, souvenir yang akan Anda bawa pulang tidak terkait dengan tanaman atau hewan yang terancam punah di bumi.

Peluncuran handbook “Tips For A Responsible Traveller” ini berlangsung di tengah krisis pariwisata di Eropa pada musim panas 2017, yang mana penduduk lokal di seluruh Spanyol dan Italia melakukan demonstrasi anti-pariwisata. Ini sebagai tanggapan atas jumlah pengunjung yang tidak berkelanjutan, dan insiden wisatawan berperilaku buruk di kota-kota mereka. 

 

Jika mengunjungi Barcelona, Anda akan disambut pesan seperti “Tourists go home” dan “Stop destroying our lives” yang ditempelkan ke tiang-tiang lampu dan dicoret di dinding.

Sebagai upaya mengekang tindakan hooliganisme dan memulihkan kesopanan di jalanan mereka, kota-kota Italia seperti Roma, Turin, Florence, dan Milan tengah berjuang untuk mengharamkan sejumlah tindakan, seperti minum di luar rumah setelah malam tiba, memarkir mobil penjaja makanan (food truck) di areal wisata, dan makan-minum di dekat air mancur bersejarah. 

Kota Florence baru-baru ini mengeluarkan maklumat terselubung bagi para turis, dalam sebuah kampanye pariwisata yang dijuluki #EnjoyRespectFirenze, guna mengingatkan wisatawan bahwa tindakan atau berperilaku tidak beradab akan dikenai sanksi denda yang besar.

“Kapan pun dan kemana pun Anda bepergian, selalu ingatlah untuk menghormati alam, menghormati budaya, dan menghormati tuan rumah Anda,” kata Sekretaris Jenderal UNWTO, Taleb Rifai, dalam sebuah pernyataan. 

Taleb melanjutkan, “Anda bisa menjadi agen perubahan bagi yang ingin Anda lihat di dunia ini. Anda bisa menjadi duta besar untuk masa depan dunia yang lebih baik.” 

Kampanye perjalanan UNWTO akan diluncurkan dalam berbagai bahasa dan di banyak lokasi seluruh dunia untuk mewujudkan  perilaku wisatawan yang baik.  (wyn) 

 

Berikut Beberapa Tips dari Buku Pegangan Pariwisata PBB

Hormati tuan rumah dan warisannya● Belajarlah untuk berbicara beberapa kata dalam bahasa setempat. Ini bisa membantu Anda terhubung dengan masyarakat setempat dengan cara yang lebih bermakna. ● Selalu bertanya sebelum mengambil foto orang lain karena ini masalah privasi.    

Lindungi planet kita ● Belilah produk yang tidak dibuat dengan menggunakan tumbuhan atau hewan yang terancam punah. ● Di kawasan lindung, akses hanya pada tempat yang terbuka untuk pengunjung. ● Kurangi konsumsi air dan energi Anda bila memungkinkan.

Mendukung ekonomi lokal ● Membeli kerajinan dan produk buatan lokal. ● Menghormati mata pencaharian para penjual dan pengrajin lokal dengan membayar harga yang wajar. ● Jangan membeli produk atau barang palsu yang dilarang oleh peraturan nasional / internasional.

Jadilah pelari informasi ● Lakukan tindakan pencegahan kesehatan dan keselamatan yang tepat sebelum dan selama perjalanan Anda. ● Ketahui cara mengakses perawatan medis atau hubungi kedutaan besar negara Anda jika terjadi keadaan darurat. ● Teliti/kaji secara seksama sebelum terlibat jadi seorang relawan.

Jadilah pengembara yang terhormat ● Amati hukum dan peraturan nasional. ● Menghormati hak asasi manusia dan melindungi anak-anak dari eksploitasi. Menyalahgunakan anak adalah kejahatan. ● Jangan memberi uang kepada anak-anak pengemis jalanan, dan sebagai gantinya dukunglah proyek masyarakat.

Catatan : Info lebih lengkap kunjungi http://www.tourism4development2017.org.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *