Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / PANDUAN / Pesawat Turbulensi, Inilah Posisi Tempat Duduk Terbaik

Pesawat Turbulensi, Inilah Posisi Tempat Duduk Terbaik

PESAWAT Anda pernah terkena turbulensi di udara? Tentu saja insiden ini tidak mengenakkan, khususnya bagi Anda yang takut terbang atau punya masalah perut yang tidak tahan guncangan. Ketika turbulensi mengguncang, yang pasti penumpang tidak bisa kemana-mana atau posisinya tetap di dalam pesawat terbang.

Dimanakah deretan posisi tempat duduk terbaik dengan sesedikit mungkin terpengaruh guncangan ketika pesawat mengalami turbulensi?

“Intinya, Anda akan merasakan sedikit mengalami gerakan  ketika duduk di posisi tengah kabin pesawat,” ungkap Prof Andreas Strohmayer dari Institute of Aircraft Design, University of Stuttgart, Jerman, yang dikutip DPA, baru-baru ini.

Pesawat akan mengalami sedikit guncangan pada titik di mana letak sayap menempel dengan badan pesawat.

Bagi penumpang yang duduk berdekatan dengan bagian tengah pesawat juga tidak terlalu mengalami guncangan saat turbulensi terjadi. Begitu pun saat pesawat lepas landas, guncangan terasa jauh lebih halus pada bagian tengah pesawat.

Lalu, dimanakah posisi tempat duduk yang sama sekali tidak “ideal”? Posisi blok kursi dalam kabin pesawat yang sama sekali tak stabil adalah bagian belakang.

Ketika pilot mengoperasikan stabilisator vertikal atau kemudi, penumpang di bagian kabin paling belakang mungkin merasa seperti ditarik keluar jalur, karena sejatinya bagian luar pesawat agak elastis. Dalam kondisi turbulensi, mereka mungkin berasa seperti dicambuk.

Posisi duduk di kursi bagian belakang juga kurang ideal ketika pesawat lepas landas (take-off). “Ketika pesawat mengangkat hidungnya saat meninggalkan landasan, penumpang di kursi belakang akan merasa seolah-olah terjatuh di lift,” kata Strohmayer.

Pertanyaan lagi, berada di dalam perut pesawat badan lebar, apakah lebih baik duduk di dekat gang atau jendela?

“Saat duduk di kursi dekat jendela, Anda akan merasa seolah badan lebih terangkat atau terjatuh saat pesawat terbang berbelok,” papar Strohmayer.

Namun, bagi orang-orang yang takut terbang, ide bagus adalah memilih kursi dekat jendela agar bisa melihat pemandangan di luar pesawat. Melihat cakrawala bisa membantu menenangkan rasa mual, karena mata Anda akan memiliki titik referensi di kejauhan, jadi seimbang. Tempat duduk dekat jendela juga paling baik bagi mereka yang punya rasa cemas berlebihan. (dpa/wyn)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *