Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / PPIU Bisa Gunakan Bandara Kertajati Jika Beri Keuntungan

PPIU Bisa Gunakan Bandara Kertajati Jika Beri Keuntungan

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Nizar Ali (kedua kanan) didampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis (paling kanan) pada kunjungan kerja di bandara Kertajati, Jawa Barat.

 

MEJALENGKA (ManasikNews) – Pemberangkatan jamaah umrah dari bandara Kertajati, Majelengka, Jawa Barat, bukan menjadi wewenang Kementerian Agama, melainkan masing-masing asosiasi yang membawahkan travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

Pada dasarnya PPIU sifatnya bisnis. Makanya, jika itu menguntungkan tentu PPIU akan tertarik memindahkan (keberangkatan jamaah umrah) ke Kertajati, tentu saja PPIU jika nanti ada gejolak harga tentu tidak akan mau.

“Saya rasa perlu adanya komunikasi antara BPIJB Kertajati dengan PPIU dan ini akan lebih baik,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, di sela kunjungan kerja untuk Peninjauan Kesiapan Penerbangan Jamaah Haji dan Umrah tahun 2020 di bandara Kertajati, Majalengka, akhir pekan lalu, seperti dikutip laman Kemenag.

Saat ini total ada 1.060 PPIU yang berizin, yang di Jawa Barat ada 172 PPIU ditambah lagi PPIU yang membuka cabang di Jawa Barat. Mereka tentu akan tertarik memindahkan penerbangannya ke Kertajati dengan adanya insensif khusus.

Sebab, konsekuensi memindahkan penerbangan ke Kertajati, dari sebelumnya lewat bandara Soekarno-Hatta Cengkareng atau Husein Sastranegara Bandung, apakah jamaah sudi menerima. “Itu terkait dengan teritorial, apakah jamaah umrah misalnya asal Bogor mau diberangkatkan dari Kertajati,” ujar Nizar.

Menurut dia, tentu saja lebih mudah jika dapat menarik jamaah umrah yang berasal dari daerah di sekitar bandara Kertajati.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, menambahkan, penyelenggaraan umrah ada regulasinya, dan setiap PPIU menjual paket umrah sudah dengan tiket pesawatnya.

Dia berpendapat, dalam menjual paket umrah sudah ditentukan kapan jadwal berangkatan,  dengan maskapai apa, serta hotelnya dimana, karena itu PPIU sudah harus terdapat dalam Siskopatuh, hal itu karena bagian dari pengawasan.

“Biasanya PPIU dalam memberangkatkan jamaahnya melalui bandara yang sudah ada penerbangan reguler ke Arab Saudi,” kata dia.

Dengan adanya himbauan dan adanya 7 kabupaten/kota sekitar bandara Kertajati, ada sekitar 7.000 jamaah umrah sekitar sini setiap bulan. “Jika bisa memberangkatkan 5.000 jamaah umrah saja setiap bulan, saya rasa bandara Kertajati sudah cukup ramai,” ujar dia. (wyn)

 

About admin

Check Also

Animo Tinggi, Pendaftar Aplikasi Umrah Capai Hampir 2 Juta

  MEKAH (ManasikNews) — Animo umat Islam untuk menunaikan ibadah umrah di masa pandemi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *