Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / MOZAIK / Rindu Membuncah Dua Tahun, Akhirnya Buka Puasa di Masjidil Haram Terwujud

Rindu Membuncah Dua Tahun, Akhirnya Buka Puasa di Masjidil Haram Terwujud

Ribuan jamaah duduk takzim di pelataran Masjidil Haram Mekah menanti kumandang adzan shalat Magrib, pada hari pertama puasa bulan suci Ramadhan 1423 H, Sabtu (02/04/2022).

 

KERAJAAN Arab Saudi bersama sekitar 34 negara berpenduduk mayoritas muslim di seluruh dunia sudah mulai melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadhan 1423 Hijriah sejak hari Sabtu, 2 April 2022.

Bersamaan itu pula, ribuan jamaah umrah dari berbagai negara kembali membanjiri Masjidil Haram di jantung Kota Mekah, sejak Saudi menyatakan resmi menerima kedatangan jamaah umrah luar negeri  pada pertengahan Februari silam.

Bahkan, pada bulan suci Ramadhan tahun ini jamaah umrah luar negeri terasa sangat meningkat jumlahnya. Fakta demikian lumrah  berlangsung setiap datang bulan Ramadhan, seperti tahun-tahun sebelum terjadi pandemi Covid-19. Namun, Ramadhan tahun ini sangat berbeda. Inilah momentum yang tidak boleh dilewatkan, dapat menjejakkan kaki di Tanah Suci  pada bulan suci pasca pandemi.

Itu sekaligus menggambarkan, betapa jamaah yang sudah terkungkung selama dua tahun lantaran tidak bisa pergi umrah akibat kebijakan pemerintah Saudi yang menutup sementara pelaksanaan umrah, dapat melampiaskan kerinduan untuk (kembali) mengunjungi Masjidil Haram. Tentu saja, ada suka-cita dan gairah beribadah umrah yang luar biasa.

Relawan membagi-bagikan buah kurma kepada para jamaah sebelum tiba waktu  berbuka puasa di Masjidil Haram Mekah.

 

Seperti yang tampak pada hari pertama bulan suci Ramadhan, Sabtu lalu. Ribuan jamaah yang berpuasa berbaris di depan gelaran berbuka puasa, baik di areal dalam Masjidil Haram maupun halaman luasnya, menunggu tiba kumandang adzan Magrib. Saat waktu berbuka puasa telah tiba.

Lihat saja, sebagian jamaah tidak kuasa menahan haru hingga berlinang air mata. Puji syukur kepada Allah Swt lantaran masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan dapat mengunjungi Baitullah tepat di bulan suci. Maka, nikmat mana lagi yang harus engkau dustakan wahai para anak-cucu Adam.

Sejumlah jamaah memuji kembalinya Masjidil Haram menggelar acara berbuka puasa bersama (massal) setelah selama dua tahun vakum.

Kepresidenan Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah) tahun ini sepakat memperluas areal untuk gelaran berbuka puasa di dalam Masjidil Haram, juga tempat-tempat lain di luar masjid yang ditunjuk, guna menampung sebanyak mungkin kaum muslim dari berbagai negara dan menyatukan campuran budaya mereka dengan indah.

Laiknya situasi normal Ramadhan di tahun yang sudah-sudah, Kepresidenan Dua Masjid Suci kali ini juga kembali mengundang badan resmi dan asosiasi untuk mendistribusikan makanan berbuka puasa dengan  partisipasi sukarelawan dari kota Mekah, yang akan terlibat  setiap hari membagi-bagikan makanan, berbagai jenis kurma, dan air zamzam.

Pada Ramadhan 2022, Kepresidenan Dua Masjid Suci telah memberikan lebih dari 2.000 izin kepada para penyedia makanan berbuka puasa khusus yang telah disiapkan dan didistribusikan di bawah pedoman Covid-19. Kali ini ada pula larangan penggunaan gelas plastik untuk minuman panas yang pendistribusiannya di koridor dan di pintu masuk masjid.

Masjidil Haram total memiliki 95 pintu masuk, namun tidak semua difungsikan. Sejauh ini hanya dua pintu masuk utama yang dibuka setiap saat secara reguler. (wiyono)

 

 

 

 

 

 

About admin

Check Also

Menuju Standar Baku Penyelenggaraan Umrah

  REGULATOR dan asosiasi haji-umrah perlu membuat standardisasi dalam penyelenggaraan umrah, demi menjaga industri perjalanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *