Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / Sah, Kuota Haji 2022 Dalam dan Luar Saudi 1 Juta Jamaah  

Sah, Kuota Haji 2022 Dalam dan Luar Saudi 1 Juta Jamaah  

Foto dokumentasi memperlihatkan jamaah haji dari berbagai bangsa “menyemut” di sekitar Masjid Namirah kawasan Padang Arafah di sisi tenggara kota Mekah.

 

MEKAH — Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pada Sabtu (09/04/2022), bahwa Arab Saudi akan meningkatkan kapasitas jamaah haji tahun ini menjadi 1 juta orang.

Menurut Kementerian, keputusan itu akan dilaksanakan sejalan dengan pedoman keselamatan penuh berdasarkan perhatian pemerintah terhadap keselamatan peziarah dan kesejahteraan mereka yang mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Kementerian Haji-Umrah dalam siaran persnya menyebutkan,  pemerintah Saudi sangat ingin menjaga kesinambungan haji tanpa gangguan dan memungkinkan jumlah terbesar umat Islam di seluruh dunia untuk dapat memenuhi kewajiban agamanya.

 

Inilah persyaratan yang harus dipenuhi oleh jamaah calon haji tahun 2022.
1.      Jamaah harus berusia di bawah 65 tahun (berdasarkan penanggalan Masehi).
2.     Memiliki imunisasi penuh dengan dosis vaksin Covid-19.
3.     Bagi jamaah luar negeri, wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19, menggunakan sampel yang diambil dalam rentang waktu 72 jam sebelum keberangkatan menuju Arab Saudi.

 

Kementerian Haji dan Umrah menekankan, setiap jamaa haji wajib mematuhi langkah-langkah pencegahan dan mengikuti instruksi pencegahan saat melakukan ritual haji untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan jamaah.

Ketua Yayasan Peduli Haji dan Umrah Dunia, Mohsin Tutla, mengatakan pihaknya sangat gembira dengan kabar tersebut.  “Begitu banyak yang harus dilakukan dalam waktu singkat, tetapi saya yakin setiap pemangku kepentingan termasuk komunitas haji profesional akan menghadapi tantangan dan membantu 1 juta jamaah dalam mewujudkan impian mereka,” katanya.

Dia menambahkan, semua orang di sektor ini tahu apa yang harus dilakukan. “Bimbingan dan pedoman khusus dari Kementerian Haji dan Umrah akan mendukung keberhasilan haji 1443 (2022); menyambut peziarah internasional berhaji setelah dua tahun vakum sehingga akan menjadi peristiwa yang monumental,” ujarnya.

Tahun 2021, karena alasan pandemi Covid-19, jumlah jamaah haji dibatasi hanya 60.000 orang, seluruhnya jamaah yang datang dari dalam Arab Saudi.

Direktur Jenderal Haji Pakistan, Abrar Mirza, mengatakan kepada Arab News bahwa pengumuman itu menjadi kabar baik bagi semua umat Islam. Sejauh ini semua muslim menunggu dengan cemas untuk dapat kembali berhaji ke Tanah Suci.

Dia mengatakan umat Islam harus menghargai strategi bijak yang diadopsi oleh kepemimpinan Arab Saudi untuk memulihkan haji secara bertahap tanpa membahayakan nyawa manusia.

“Para profesional yang terlibat dalam proses ini pasti telah bekerja tanpa lelah. Upaya mereka harus diapresiasi secara menyeluruh. Visi kepemimpinan yang didukung, dengan strategi yang bijak dan upaya yang tak kenal lelah telah membuahkan hasil. Sekarang, kami muslim Pakistan menantikan untuk melakukan haji dengan saudara-saudara kami dari seluruh dunia,” katanya. (wyn)

 

 

 

About admin

Check Also

Musim Umrah Berakhir 31 Mei

  RIYADH — Musim umrah bagi umat Islam yang datang dari luar Arab Saudi akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *