Myntra coupons

Flipkart coupon

abof coupons

globalnin

Home / INFO / TAHUN KOPI SAUDI 2022 (2) : Budaya Tanam Kopi Turun-Temurun di Jazan

TAHUN KOPI SAUDI 2022 (2) : Budaya Tanam Kopi Turun-Temurun di Jazan

Petani kopi di wilayah Jazan, Arab Saudi (FOTO: Arab News)

 

MANASIK NEWS – Bagi Farah al-Malki yang tinggal di wilayah barat daya Provinsi Jazan, Arab Suadi, membudidayakan tanaman kopi bukan sekadar profesi, namun sudah menjadi tradisi keluarga yang berlangsung dari generasi ke generasi.

Pria berusia 90 tahun ini memiliki sejarah panjang dengan kopi, yang menyebar dari Ethiopia ke Yaman dan kemudian ke seluruh Timur Tengah sekitar abad ke-15.

“Ayah saya mewarisinya dari kakeknya, dan saya mengambil alih dan mewariskannya kepada putra-putra saya dan kemudian ke cucu-cucu saya,” kata Malki kepada AFP yang dikutip english.aawsat.com.

Jazan dikenal dengan biji kopi Khawlani merahnya, sering dicampur dengan kapulaga dan kunyit untuk memberikan rona kopi kekuningan. Kopi dari wilayah Jazan secara lokal dikenal sebagai ghawa – dengan rasa yang sangat berbeda dari cairan hitam pahit yang diminum di tempat lain di Timur Tengah dan di Asia Barat.

Menanam komoditi kopi  menjadi bagian integral dari budaya Arab Saudi, dan tahun 2022 ini pemerintah Arab Saudi mencanangkan tahun 2022 sebagai “Tahun Kopi Saudi”.

Umumnya masyarakat Saudi menyajikan minuman kopi ditemani kurma. Kebiasaan yang sudah berlangsung lama ini tersaji dari istana kerajaan hingga rumah-rumah rakyat. Dan, kopi ghawa dianggap sebagai simbol keramahan dan kemurahan hati.

Dengan keinginan kerajaan untuk mendiversifikasi ekonominya dari minyak, pemerintah Arab Saudi pada Januari 2022 memulai kampanye untuk mempromosikan komoditi kopi.

Kepada semua restoran dan kafe sudah diperintahkan menggunakan label  “kopi Saudi” ketimbang Arab.

Saudi Aramco, raksasa perusahaan minyak dan gas milik negara (Saudi), mengumumkan rencana untuk mendirikan pusat agribisnis kopi di wilayah Jazan, dengan menerapkan teknik irigasi canggih guna menggenjot produktivitas dan kualitas tanaman kopi Saudi.

Pada akhir 2021, Arab Saudi tercatat memiliki 400.000 pohon kopi yang tersebar di 600 titik pertanian di seluruh negeri, dengan produksi total mencapai 800 ton biji kopi per tahun. (wan)

About admin

Check Also

TAHUN KOPI SAUDI 2022 (3) : Sejarah Kopi, Dibawa Pedagang Arab dari Afrika ke Yaman dan Menyebar ke Seluruh Dunia

  MANASIK NEWS – Banyak literatur menyebutkan tanaman kopi berasal dari Abyssinia, satu daerah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *